PETUNJUK TEKNIS TIKETING
Selamat datang di Tiketlaris.
Realtime Online Tiketing dimana Anda bisa cari, booking, issue dan cetak Tiket sendiri.
A. Istilah
1. Airline adalah maskapai penerbangan yang telah bekerja sama
dengan Tiketlaris, untuk dapat melayani penjualan tiket Pesawat.
2. Penumpang Pesawat adalah setiap orang yang memakai jasa
penerbangan Airline.
3. Tiket Pesawat adalah bukti pembelian perjalanan menggunakan
pesawat terbang di mana pada Tiket mendapatkan nomor referensi
kode booking yang di keluarkan oleh Airline dan dianggap sah.
4. Booking adalah proses pemesanan Jadwal penerbangan dengan harga yang telah
ditetapkan , dengan memberikan data penumpang berupa nama penumpang sesuai
dengan kartu identitas ( KTP/Pasport) Alamat, No Telepon dan data lain yang
diminta pihak Airline.
5. Kode Booking adalah Kode yang di berikan Oleh Maskapai sebagai referensi
pembelian tiket Pesawat.
6. Issue adalah proses konfirmasi bahwa harga dan Jadwal serta data yang diberikan
telah benar, untuk menyetujui pembayaran.
7. Agent Penjualan adalah pihak baik perorangan maupun badan hukum yang melakukan
hubungan kerja sama dengan tiketlaris yang menyediakan tempat / lokasi untuk penjualan
tiket Pesawat kepada calon penumpang Pesawat.
B. Langkah - Langkah dalam pembelian Tiket Pesawat :
Cukup 4 langkah mudah dalam menjual Tiket Pesawat Terbang
1. Mencari Jadwal/Harga/Pesawat
2. Boking/Memesan jadwal penerbangan sesuai harga, Jam dan Airline yang dipilih.
3. Issue/Membayar yang telah di pesan
4. Cetak Tiket
Berikut ini detailnya
Login melalui situs tektaya.tiketlaris.com sesuai dengan User Id dan Password Anda.
PENTING : Pasword melalui situs tektaya.tiketlaris.com
HARUS sama dengan Password Pada Gatepay.
Apabila anda merubah Password pada gatepay maka ubah pula Password pada
tektaya.tiketlaris.com Nomor fisik Komputer /Terminal ID ( Mac Adress/HD )
harus sama pula dengan yang muncul dan terdaftar pada gatepay. Untuk merubah pilih Update
1. Mencari Jadwal,harga dan maskapai
- Pilih Menu Booking, Booking Penerbangan
- Pilih Kota Asal/Berangkat, Kota Tujuan, Tanggal, Jumlah Penumpang ( di atas 2 tahun )
dan Bayi ( di bawah dua tahun tidak diberikan tempat duduk Jumlah bayi tidak boleh
melebihi jumlah dewasa ) kemudian pilih penerbangan.
- Jadwal masing masing maskapai di tampilkan pada masing masing tabulasi maskapai
- Harga yang di tampilkan adalah harga dasar belum termasuk pajak, IW JR dan biaya lain.
- Untuk Sriwijaya pilih pada gambar lambang Sriwijaya/tabulasi Sriwijaya.
- Untuk Batavia pilih pada gambar lambang Batavia /tabulasi Batavia
- Untuk Citilink pilih pada gambar lambang Citilink/tabulasi Citilink
2. Booking
Setelah Jadwal di atas di setujui oleh calon penumpang pesawat sesuai harga,
waktu dan maskapai maka langkah selanjutnya Booking tiket dengan memasukkan
data data yang diminta oleh maskapai. Segeralah lakukan Booking karena harga
berubah setiap saat. Isilah data penumpang sesuai Kartu Identitas ( KTP/Passport )
dan apabila data tidak sesuai dengan kartu identitas maka penumpang tersebut
ditolak pemberangkatannya. Isi juga nomor telepon penumpang dengan benar karena
Maskapai akan menghubungi penumpang apabila ada keterlambatan atau kendala lainnya.
- Data yang di perlukan untuk Maskapai Sriwijaya Air
Nama Lengkap , Nomor Identitas KTP/Passport , Nomor Telepon
- Data yang diperlukan untuk maskapai Batavia Air
Nama depan, Nama belakang ( Apabila hanya satu kata isi sama nama depan dan nama belakang )
Nomor Identitas KTP/Passport , Nomor telepon
- Request Service Information di isi kursi Roda apabila memerlukan
- Data yang diperlukan untuk Maskapai Citilink
Nomor Hanphone , Nama depan, Nama belakang , Jenis Kelamin , tanggal lahir.
Untuk Citilink Booking harus Langsung Issue
Larangan dalam Booking :
- Double Booking
Booking dua kali dengan nama yang sama pada pesawat yang sama
- Multiple Booking
Booking dua kali dengan nama yg sama pada penerbangan yang berbeda
- False Booking
Booking palsu dengan nama bukan sesungguhnya misal isi nama penumpang ABC
SANGSI : Peringatan dan Pemblokiran User
3. Issue/Bayar
Setelah Booking anda diberikan waktu ( tergantung dari Airline dan Jadwal pemberangkatan )
Untuk membayar / Issue kecuali Citilink . Citilink harus Issue/bayar setelah booking.
Apabila waktu yang diberikan untuk Issue/bayar telah habis maka booking yang telah di lakukan
tidak berlaku lagi.
Cara Issue/bayar :
Dari menu booking list booking pilih detail sesuai penumpang
dimaksud dan Issue booking
4. Cetak Tiket
Dari menu booking pilih list issued, pilih cetak sesuai data yang di maksud
Ketentuan pembelian tiket sesuai masing-masing maskapai yg bisa dilihat di situs masing-masing Maskapai.
www.bataviaair.co.id call center 0804 1 222 888 / 021 38 999 888
www.citilink.co.id call center 0804 1080808
www.sriwijayaair.co.id call center 021 292797777 / 0804 1777 777